Berita Terkini Hari Ini https://berita-tiga.com News and investigation Tue, 28 Dec 2021 14:57:03 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.8.6 https://berita-tiga.com/wp-content/uploads/2020/10/cropped-ikon-1-60x60.png Berita Terkini Hari Ini https://berita-tiga.com 32 32 Memburu Tunggakan ‘Medium Term Note’ ke PT SNP https://berita-tiga.com/berita/12289/memburu-tunggakan-medium-term-note-ke-pt-snp/ https://berita-tiga.com/berita/12289/memburu-tunggakan-medium-term-note-ke-pt-snp/#respond Tue, 28 Dec 2021 14:57:03 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12289 Oleh : Eddy Ngganggus, Staf Direksi Bank NTT Bidang Budaya Perusahaan   Peluang untuk mendapatkan

The post Memburu Tunggakan ‘Medium Term Note’ ke PT SNP appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
Oleh : Eddy Ngganggus, Staf Direksi Bank NTT Bidang Budaya Perusahaan

 

Peluang untuk mendapatkan kembali uang yang digunakan PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP) yang diperolehnya dari Bank NTT sebesar pokok Rp.50 miliar dan bunga Rp.10,5 miliar akan menemui kesulitan besar, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain :

 

Pertama, Sejak diumumkan pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada tanggal 26 Oktober 2018, maka seluruh hak kreditur termasuk Bank NTT disandarkan dari hasil likuidasi aset PT SNP. Kewajiban membayar PT SNP kepada para krediturnya tidak lagi berasal dari hasil usaha yang merupakan obyek pembiayaan oleh para krediturnya. Usahanya di bidang pembiayaan modal kerja, investasi dan usaha yang berbasis fee tidak lagi mampu mendatangkan income baginya. PT SNP, dalam keadaan insolven di mana kekayaannya sudah tidak mampu menutup kewajibannya. Kondisi ini sangat tidak memungkinkan PT SNP dapat membayar utang-utangnya.

Kedua, Posisi hierarki kreditur Bank NTT adalah sebagai kreditur konkuren , yakni kreditur yang tidak memiliki hak atas jaminan kebendaan yang dimiliki PT SNP. Hak jaminan yang dimiliki Bank NTT adalah jaminan abstrak berupa piutang aktif milik PT SNP. Hierarki Bank NTT tidak sebagai kreditur separatis yakni kreditur yang memiliki hak jaminan kebendaan tertentu apalagi sebagai kreditur dengan hak jaminan istimewa atau preferensi yang didahulukan pembayarannya jika agunan kebendaan tertentu telah diselesaikan oleh kurator.

 

Sebagaimana diketahui kedudukan perdata kreditur terdiri dari tiga hierarki yakni Kreditur Preferensi yakni kreditur yang memiliki hak istimewa dalam hak kepemilikan agunan atas debiturnya, sehingga jika terjadi kepailitan atas perusahaan yang dibiayainya maka kreditur preferensi memiliki hak istimewa untuk mendapatkan agunan dari kurator.

 

Berikut, Kreditur Separatis yakni kreditur yang memiliki hak agunan tertentu dari debitur pailit.

 

Terakhir adalah Kreditur Konkuren yakni kreditur yang tidak memiliki hak agunan tertentu dari debitur pailit, ia hanya memiliki hak atas kekayaan umum perusahaan debitur , itu pun didapatkannya jika bagian Kreditur Preferensi dan Kreditur Separatis telah di serahkan sepenuhnya oleh kurator. Kasarnya, bila masih ada sisa aset yang disita kurator akan diserahkan kepada kreditur konkuren ini.

Ketiga, PT SNP sedang mengalami insolvensi yaitu keadaan di mana aset atau harta PT SNP lebih kecil dari kewajiban yang harus dibayarkannya kepada para krediturnya sebagai pemegang hak MTN . Sebagaimana diberitakan pada laman Kontan.co.id, para kreditur separatis menolak tawaran damai PT SNP. Kreditur separatis tersebut masing-masing PT Bank Mandiri (Persero) jumlah tagihan Rp.1,4 triliun, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) jumlah tagihan Rp.210,09 miliar, PT Bank Panin jumlah tagihan Rp.141,06 miliar, Bank Wori jumlah tagihan Rp 16,70 miliar, Bank Capital jumlah tagihan Rp 30,59 miliar, Bank Sinar Mas jumlah tagihan Rp.9,51 miliar, Bank JTrust jumlah tagihan Rp.55,89 miliar, Bank Nobu jumlah tagihan Rp 33,74 miliar, Bank BJB Rp.25,82 miliar, Bank Nusantara Parahyangan Rp.46,92 miliar, Bank CTBC Indonesia Rp 50,13 miliar, Bank Ganesha Rp.77,98 miliar, Bank Resona Perdania Rp.74,35 miliar, Bank Victoria Rp.55,53 miliar.

 

Sementara, tagihan separatis lainnya berasal dari 340 pemegang MTN SNP yang nilainya mencapai Rp.1,85 triliun. Ditambah dengan adanya tagihan bunga dan denda dari separatis senilai Rp.17,02 miliar dan tagihan konkuren (tanpa jaminan).

 

Nilai tagihan PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Piutang) SNP mencapai Rp.4,09 triliun. Sementara dari catatan AJ Capital , konsultan keuangan dalam PKPU SNP masih punya aset yang ditaksir Rp1,15 triliun. Dari hitung-hitungan AJ Capital, besaran pengembalian utang SNP sangat kecil hanya 1,8% — 3,7% atau senilai Rp.73,57 miliar hingga Rp.150,68 miliar dari total tagihan PKPU SNP senilai Rp.4,09 triliun. Dari uraian 3 poin di atas dapat disimpulkan sangat sulit bahkan hampir tidak mungkin Bank NTT dapat memperoleh kembali tagihannya sebesar Rp.60,5 miliar dari PT SNP.

Nasi sudah jadi bubur, apa yang dapat dilakukan?

 

Oleh karena kemungkinan penyelesaian tunggakan MTN tersebut secara kuratif atau ex post sulit dilakukan, maka penerapan strategy ex ante atau pencegahan agar kejadian serupa atau yang setara dengan ini tidak terulang kembali maka, berikut langkah-langkah ideal yang urgen harus segera dilakukan antara lain :

 

Pertama, Benahi kebijakan internal bank NTT, mencakup kebijakan treasury bank agar pertajam kemampuan operasional yang berbasis risiko. Berikut pertajam tata kelola direktorat kepatuhan agar lebih peduli dengan risiko bisnis, selanjutnya hindari bisnis yang belum dikuasai dengan baik. Jangan memaksa diri untuk menginvestasikan dana pada sektor yang belum memiliki resources yang memiliki knowledge dan skill yang memadai.

 

Kedua, Implementasi GCG (Good Corporate Governance) atau tata kelola perusahaan yang baik secara aplikatif. Integritas para pejabat dan seluruh bankers ditata secara holistik. Para pemimpin agar menjadi teladan penerapan nilai-nilai keutamaan.

 

Ketiga, Menelusuri secara hukum pelanggaran yang dilakukan berbasis hasil audit BPK nomor 1/BPK/XIX.KUP/01/2020, tanggal 14 Januari 2020.

The post Memburu Tunggakan ‘Medium Term Note’ ke PT SNP appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12289/memburu-tunggakan-medium-term-note-ke-pt-snp/feed/ 0
Haji Darwis Bantu  Pembangun Gereja, Gembala Sidang : Terasa Mustahil  https://berita-tiga.com/berita/12274/haji-darwis-bantu-pembangun-gereja-gembala-sidang-terasa-mustahil/ https://berita-tiga.com/berita/12274/haji-darwis-bantu-pembangun-gereja-gembala-sidang-terasa-mustahil/#respond Wed, 01 Dec 2021 13:01:13 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12274 BA’A. 1 Desember, 2021 Berita-tiga.Com   Untuk sosok Haji Darwis Ketua KKSS Provinsi NTT ,yang

The post Haji Darwis Bantu  Pembangun Gereja, Gembala Sidang : Terasa Mustahil  appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
BA’A. 1 Desember, 2021

Berita-tiga.Com

 

Untuk sosok Haji Darwis Ketua KKSS Provinsi NTT ,yang biasa di sapa Haji Darwis, berbagi rejeki tanpa memandang bulu, sudah menjadi hal biasa.

 

 

Bahkan seorang Haji, yang menyumbang separuh dari rejekinya, memantik rasa ketidak-percayaan. Pasalnya, hal ini terbilang langka, yang biasanya terjadi diantara sesama yang seiman.

 

 

Namun tidak demikian, sebagaimana yang dilakukan oleh H. Mohammad Darwis. Tokoh umat Muslim ini, iklas membantu salah satu jemaat Kristiani di Kabupaten Rote Ndao. Persisnya di Batuleli, pada Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Solideo Batuleli, di Desa Lidamanu, Kecamatan Rote Tengah.

 

 

 

Dengan aksi solidaritasnya, menenun indah warna kehidupan dalam keberagaman. Islam ke Kristen, melalui tindakan Haji Darwis, menyiratkan pesan keakrab dalam bingkai Ita Esa.

 

Sekaligus memaksa setiap orang untuk menghargainya, sebagai perwujudan semangat Bhineka Tunggal Ika, dari ujung Selatan Indonesia.

 

Namun demikian, karena terbilang jarang terjadi, sehingga hal yang dilakukan oleh Haji Darwis, ini, sempat mengundang rasa tidak percaya. Karena ini soal beda agama, tetapi dirinya (Haji Darwis) mampu membuktikan dengan menembus segala sekat perbedanaan yang terlajur membatasi masyarakat.

 

“Serasa ini sangat mustahil bagi kami. Tetapi begitulah cara Tuhan berperkara. Yang tidak mungkin bagi kami, dibuatNYA menjadi sangat mungkin,” kata Gembala Jemaat GSJA Solideo Batuleli, Desa Lidamanu Kecamatan Rote Tengah, Deldi John Ndaumanu, dalam press rilis yang diterima media ini, Minggu (28/11)

 

 

Menurutnya, hari ini, Minggu (28/11) seluruh jemaatnya merasa sangat bersyukur. Sebab, tanpa diduga, ada

 

bantuan yang dikirim kepada mereka. Bantuan/sumbangan ini diberikan oleh seorang tokoh, yang sebelumnya belum saling kenal.

 

Walau demikian, dirinya tetap meyakini dan menyadari adanya campur tangan Tuhan dalam pergumulan jemaatnya sejak tahun 2019 lalu. Dimana mereka sudah bersepakat untuk membangun gedung gereja yang baru, dengan biaya pembangunanya dibebankan ke masing-masing jemaat senilai Rp. 1.000.000 per KK, yang jumlahlah hanya 8 KK.

 

 

“Kami yakini, bahwa ini terjadi karena ada campur Tuhan. Sebab, walau kami tak mengenal pak Haji Darwis, tetapi beliau ‘digerakan’ untuk mau berbagi berkat dengan kami. Dan ini merupakan suatu hal yang luar biasa, yang Tuhan nyatakan melalui pak Haji Darwis, kepada kami sebagai umat Kristiani,” kata Deldi, dalam rilisnya.

 

“Saya sedikit terkejut, bukan karena tidak yakin, tapi ini tentang seorang Haji, dan pasti bukan beragama Kristen. Dan saya hanya bilang ‘Puji Tuhan’, dan merasa sangat bersyukur,” tambah Deldi.

 

Deldi, juga mengatakan, bantuan yang disumbangkan oleh Haji Darwis, sudah diterima. Bantuan berupa, Besi 12 mm 30 staf, Besi 8 mm 20 staf, Terpal air 1 bh, Argo 1 bh, Paku 5 kg, Sekop 2 bh, Kawat ikat 5 kg dan dan Semen 20 sak, diserahkan oleh Haji Pua Djendo, sebagai utusan dari Haji Darwis. Dan penyerahan itu, dilakukan secara simbolis persis di lokasi pembangunan gedung gereja yang baru.

 

“Kami bersyukur dan berterima kasih untuk hal yang luar biasa ini. Karena betul-betul terjadi diluar dugaan, disaat kami sangat membutuhkan, pak Haji Darwis, memberi bantuan,” ungkapnya.

 

 

“Selanjutnya, kami hanya bisa mendoakan Pak Haji Darwis. Kiranya beliau dan keluarganya terus dilimpahkan berkat Tuhan. Apa saja yang dilakukan, dianugerahi berkat kesuksesan,” tambah Deldi. **

 

The post Haji Darwis Bantu  Pembangun Gereja, Gembala Sidang : Terasa Mustahil  appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12274/haji-darwis-bantu-pembangun-gereja-gembala-sidang-terasa-mustahil/feed/ 0
Lagi, Bank NTT Dibanjiri Penghargaan dari BI https://berita-tiga.com/berita/12270/lagi-bank-ntt-dibanjiri-penghargaan-dari-bi/ https://berita-tiga.com/berita/12270/lagi-bank-ntt-dibanjiri-penghargaan-dari-bi/#respond Thu, 25 Nov 2021 04:28:18 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12270 Dalam sehari, Rabu (24/11/2021) kemarin, Bank NTT dianugerahi penghargaan dari dua lembaga kredibel. Jika di

The post Lagi, Bank NTT Dibanjiri Penghargaan dari BI appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
Dalam sehari, Rabu (24/11/2021) kemarin, Bank NTT dianugerahi penghargaan dari dua lembaga kredibel. Jika di Rabu pagi dua penghargaan bergengsi diberikan kepada Bank NTT oleh WartaEkonomi.co.id, siangnya, Bank kebanggan masyarakat NTT itu menyabet dua lagi penghargaan dari Bank Indonesia.

Banjir penghargaan ini membuktikan bahwa Bank NTT sangat dipercaya publik karena kinerjanya yang baik dan terukur. Bank ini mampu membuktikan bahwa keberadaanya bisa menjadi pelopor ekonomi masyarakat NTT.

Bank NTT menorehkan sejarah sebagai bank yang berkinerja baik. Pengakuan dan penghargaan yang kali ini diberikan Bank Indonesia langsung dari Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja.

 

Bank dengan moto Melayani Lebih Sungguh ini mendapat apresiasi dari Bank Indonesia sebagai PJSP Bank Pendukung Implementasi QRIS Terbaik Tahun 2021. Sedangkan penghargaan kedua, yakni Bank NTT Kantor Cabang Khusus (KCK) sebagai bank penarik Uang Pecahan Kecil Terbanyak di NTT Tahun 2021.

Terpantau media ini, penyerahan penghargaan dilakukan pada moment ‘Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021’ yang dilaksanakan Rabu pagi secara hybrid. Yakni online maupun on site. Pertemuan on site dilaksanakan di Ruang Nemberala kantor BI Perwakilan NTT di Jl. El Tari dengan dihadiri pimpinan BI NTT, Gubernur NTT yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Sony Libing, Direktur Teknologi Informasi dan Operasional, Hilarius Minggu dan sejumlah pejabat lainnya. Adapun thema yang dipakai dalam pertemuan ini yakni ‘Bangkit dan Optimis : Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi’.

Pada sesi penyerahan penghargaan, MC memanggil tujuh lembaga yang dinilai berhasil dalam pelayanannya baik itu lembaga jasa keuangan maupun secara individu. Kepala KCK Bank NTT, Sony Pellokila adalah yang pertama dipanggil untuk menerima penghargaan kategori sebagai bank penarik Uang Pecahan Kecil Terbanyak di NTT Tahun 2021. Menyusul kategori Bank NTT sebagai PJSP Bank Pendukung Implementasi QRIS Terbaik Tahun 2021, yang diterima oleh Direktur Teknologi Informasi dan Operasional, Hilarius Minggu. Kedua penghargaan, diserahkan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, diiringi tepukan tangan tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, I Nyomnan Ariawan Atmaja beberapa kali menyebut nama Bank NTT, yang sudah memberi kontribusi besar dalam beberapa program untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di NTT. Ekonomi NTT triwulan III menurutnya tercatat tumbuh 2,37% (YoY). Pertumbuhan ini lebih kecil dari nasional, yang tumbuh 3,51% (YoY). Adapun perekonomian NTT di triwulan ini tumbuh melambat dari triwulan sebelumnya akibat Covid sehingga pemerintah menerapkan PPKM.

“Secara umum inflasi meningkat sejalan dengan membaiknya permintaan masyarakat pasca pemulihan ekonomi. Kami tentu sangat mengapresiasi seluruh upaya yang dilakukan bersama baik oleh TPID, baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam mengimplementasikan pengendalian inflasi melalui kerangka 4K yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif,” jelas Nyoman .

Ia menambahkan, walaupun terjadi badai Seroja pada April lalu yang mana Seroja ini mendorong inflasi naik tajam, yakni 0,82%. Namun berkat koordinsi TPID yang kuat sehingga inflasi melandai menjadi 1. “Ini diimplementasikan melalui kegiatan high lecel meeting baik tingkat provinsi maupun Kota Kupang. Pada 2021 TPID NTT juga terpilih menjadi salah satu nominator TPID terbaik dalam seremoni TPID Award tahun 2020,” tambah Nyoman.

 

Di bidang pengelolaan uang rupiah, BI terus berupaya memenuhi kebutuhan uang di masyarakat dalam kondisi yang layak edar termasuk BI juga ada di 9 kas titipan yang tersebar di seluruh Provinsi NTT mencaai Rp 2,23 T. “Dan tadi pada saat pertemuan tahunan di kantor pusat, kita mendapat apresiasi karena kas titipan yang ada di Sumba dan dikelola oleh Bank NTT,” ungkap Nyoman disambut tepuk riuh hadirin yang memenuhi ruangan di kantor BI itu.

 

Tidak hanya itu, Nyoman juga mengurai bahwa adapun jumlah uang yang masuk di NTT terhitung hingga triwulan III, mencapai Rp 5,91 T dengan pengelolaan uang keluar mencapai Rp 3,92 T. “Karena itu BI menyampaikan terimakasih kepada Bank NTT dan BRI sebagai bank pengelola kas titipan sekaligus Brimob, Polairud, ASDP, Pelni dan maskapai atas dukungan dan kerjasamanya mendukung uang rupiah layak edar,” ujar Nyoman.

The post Lagi, Bank NTT Dibanjiri Penghargaan dari BI appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12270/lagi-bank-ntt-dibanjiri-penghargaan-dari-bi/feed/ 0
Kinerja Keuangan Sangat Bagus, Bank NTT Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di Best BPD Award 2021 https://berita-tiga.com/berita/12266/kinerja-keuangan-sangat-bagus-bank-ntt-sabet-dua-penghargaan-bergengsi-di-best-bpd-award-2021/ https://berita-tiga.com/berita/12266/kinerja-keuangan-sangat-bagus-bank-ntt-sabet-dua-penghargaan-bergengsi-di-best-bpd-award-2021/#respond Thu, 25 Nov 2021 04:21:13 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12266 Rupanya, kerja keras dan loyalitas yang didedikasihkan jajaran manajemen Bank NTT mendapat apresiasi dari berbagai

The post Kinerja Keuangan Sangat Bagus, Bank NTT Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di Best BPD Award 2021 appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
Rupanya, kerja keras dan loyalitas yang didedikasihkan jajaran manajemen Bank NTT mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Tidak tanggung-tanggung, dua pengahargaan bergengsi sekaligus dari WartaEkonomi.co.id Research and Consulting disabet oleh Bank NTT.

Kedua penghargaan tersebut adalah Very Good Financial Performance of Indonesia Best BPD Awards 2021, atau Bank dengan kinerja keuangan sangat bagus dibandingkan dengan BPD lainnya se Indonesia untuk Kategori Buku Dua. Juga Penghargaan Improving Community Engagement on the Utilization of Banking Services atau Bank yang mampu Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat dalam Pemanfaatan Layanan Perbankan.

Dua penghargaan bergengsi itu diberikan oleh CEO dan Chief Editor WartaEkonomi.co.id, Muhammad Ihsan kepada Bank NTT yang diterima oleh Dirut Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho melalui Treacy Diane selaku Kasubdiv Humas Bank NTT dalam acara Indonesia BEST BPD AWARDS 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (24/11/2021).

Muhammad Ihsan mengatakan, gelar dan pengahargaan yang diberika ke Bank NTT berupa Very Good Financial Performance of Indonesia Best BPD Awards 2021, itu setelah pihak ya pertamayg diaraih itu kami mencatata antara lain pertumbuhan aset dari 15,56 persen dari 14, 7 Triliu pada Desember 2020 menjadi 17,1 Triliun pada September 2021. Total Laba Komeprehensif Tahun Berjalan tumbuh menjadi 48,5 persen dari 142,5 Miliar pada quartal 3 tahun 2020 menjdi 211,8 Miliar pada quartal 3 tahun 2021.

“Sedangkan penghargaan kedua Improving Community Engagement on the Utilization of Banking Services kami mencatata Bank NTT melakukan kerja sama dengan Pemda Sumba Barat tentang pemanfaataan jasa keuangan Bank NTT, Kerja Sama degan Politeknik Pertanian Kupang tentang kobrending kartu ATM Bank NTT, juga Kerja Sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) tentang layanan keuangan dan juga Keraja Sama dengan BPD REI NTT tentang KPR, itu yang kami catat, mungkin yang lain juga masih ada,” sebut Muhammad Ihsan.

 

Kasubdiv Humas Bank NTT, Treacy Diane usai menerima dua penghargaan tersebut menyampaikan terimaksih kepada WartaEkonomi.co.id yang telah memberikan dua penghargaan sekaligus kepada Bank NTT. Ia berharap, dengan prestasi yang digapai berupa dua penghargaan tersebut, Bank NTT dapat meningkatkan kinerja dan performanya di tahun 2021 dan tahun-tahuh mendatang sesuai impian dan harapan semua pihak.

“Penghargaan ini akan membuat Bank NTT selalu berusaha maksimal menjadi bank terbaik dan terpercaya. Terima kasih juga untuk semua stakeholder dan nasabah yang terus mensuport Bank NTT,” ujarnya.

 

Momentum penganugerahan itu diberikan kepada 10 BPD termasuk Bank NTT yang meraih penghargaan Indonesia Best BPD Awards 2021 dengan kriteria dan penilaiannya masing-masing.

Turut hadir dalam penganugerahan tersebut Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad, Direktur Eksekutif Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Wimram Ismaum, CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, serta perwakilan BPD di seluruh Indonesia.

Para BPD se Indonesia yang menerima penghargaan tersebut diantaranya BPD Jatim, BPD Jateng, BPD Bali, BPD Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, BPD Kalimantan Barat, BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, BPD Jambi, BPD Sumatera Utara, serta BPD Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Metode Penelitian Best BPD Awards 2021

Untuk diketahui, pendekatan penilaian tingkat kesehatan bank dilakukan dengan pendekatan Risk-Based Bank Rating (RBBR) yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.4/POJK.03/2016 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Selain mengadopsi variabel dalam RBBR, Tim Peneliti Warta Ekonomi juga menambahkan vartabel lain, yakni kinerja intermediasi. Pada riset Indonesia Best BPD Awards 2021 ini, penode penelitian meliputi kinerja BPD di seluruh Indonesia pada tahun 2020-2021.

Pengukuran tingkat kesehatan bank menggunakan variabel yang terdiri dari lima aspek, yakni:

 

  1. Profil Risiko (Risk-Profile) Aspek ini dimilai berdasarkan faktor risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko operasional, risiko hukum, resiko stratejik, risiko kepatuhan, dan risiko reputasi. Indikatornya ialah Peringkat Profil Risiko Bank.
  2. Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) Aspek ini dnilai berdasarkan faktor transparansi, akuntabilitas, dan kewajaran. Indikatornya adalah Peringkat GCG Bank.

 

 

 

Beranda Berita Hari Ini NTT

Berita Hari Ini NTTEksbisNusantaraPemerintah Propinsi NTT

Kinerja Keuangan Sangat Bagus, Bank NTT Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di Best BPD Award 2021

Penulis Laurensius Leba Tukan -November 24, 202177

 

 

Dari Kiri: CEO dan Chief Editor WartaEkonomi.co.id, Muhammad Ihsan, Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad dan Kasubdiv Humas Bank NTT Treacy Diane yang mewakili Dirut Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho dalam acara Penganugerhan Indonesia BEST BPD AWARDS 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (24/11/2021). Foto: Tangkapan Layar YouTobe/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Rupanya, kerja keras dan loyalitas yang didedikasihkan jajaran manajemen Bank NTT mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Tidak tanggung-tanggung, dua pengahargaan bergengsi sekaligus dari WartaEkonomi.co.id Research and Consulting disabet oleh Bank NTT.

 

Kedua penghargaan tersebut adalah Very Good Financial Performance of Indonesia Best BPD Awards 2021, atau Bank dengan kinerja keuangan sangat bagus dibandingkan dengan BPD lainnya se Indonesia untuk Kategori Buku Dua. Juga Penghargaan Improving Community Engagement on the Utilization of Banking Services atau Bank yang mampu Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat dalam Pemanfaatan Layanan Perbankan.

 

 

 

Dua penghargaan bergengsi itu diberikan oleh CEO dan Chief Editor WartaEkonomi.co.id, Muhammad Ihsan kepada Bank NTT yang diterima oleh Dirut Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho melalui Treacy Diane selaku Kasubdiv Humas Bank NTT dalam acara Indonesia BEST BPD AWARDS 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (24/11/2021).

 

Muhammad Ihsan mengatakan, gelar dan pengahargaan yang diberika ke Bank NTT berupa Very Good Financial Performance of Indonesia Best BPD Awards 2021, itu setelah pihak ya pertamayg diaraih itu kami mencatata antara lain pertumbuhan aset dari 15,56 persen dari 14, 7 Triliu pada Desember 2020 menjadi 17,1 Triliun pada September 2021. Total Laba Komeprehensif Tahun Berjalan tumbuh menjadi 48,5 persen dari 142,5 Miliar pada quartal 3 tahun 2020 menjdi 211,8 Miliar pada quartal 3 tahun 2021.

 

 

 

“Sedangkan penghargaan kedua Improving Community Engagement on the Utilization of Banking Services kami mencatata Bank NTT melakukan kerja sama dengan Pemda Sumba Barat tentang pemanfaataan jasa keuangan Bank NTT, Kerja Sama degan Politeknik Pertanian Kupang tentang kobrending kartu ATM Bank NTT, juga Kerja Sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) tentang layanan keuangan dan juga Keraja Sama dengan BPD REI NTT tentang KPR, itu yang kami catat, mungkin yang lain juga masih ada,” sebut Muhammad Ihsan.

 

Kasubdiv Humas Bank NTT, Treacy Diane usai menerima dua penghargaan tersebut menyampaikan terimaksih kepada WartaEkonomi.co.id yang telah memberikan dua penghargaan sekaligus kepada Bank NTT. Ia berharap, dengan prestasi yang digapai berupa dua penghargaan tersebut, Bank NTT dapat meningkatkan kinerja dan performanya di tahun 2021 dan tahun-tahuh mendatang sesuai impian dan harapan semua pihak.

 

 

 

“Penghargaan ini akan membuat Bank NTT selalu berusaha maksimal menjadi bank terbaik dan terpercaya. Terima kasih juga untuk semua stakeholder dan nasabah yang terus mensuport Bank NTT,” ujarnya.

 

Momentum penganugerahan itu diberikan kepada 10 BPD termasuk Bank NTT yang meraih penghargaan Indonesia Best BPD Awards 2021 dengan kriteria dan penilaiannya masing-masing.

 

 

 

Turut hadir dalam penganugerahan tersebut Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad, Direktur Eksekutif Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Wimram Ismaum, CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, serta perwakilan BPD di seluruh Indonesia.

 

Para BPD se Indonesia yang menerima penghargaan tersebut diantaranya BPD Jatim, BPD Jateng, BPD Bali, BPD Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, BPD Kalimantan Barat, BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, BPD Jambi, BPD Sumatera Utara, serta BPD Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

 

Metode Penelitian Best BPD Awards 2021

 

 

 

Untuk diketahui, pendekatan penilaian tingkat kesehatan bank dilakukan dengan pendekatan Risk-Based Bank Rating (RBBR) yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.4/POJK.03/2016 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Selain mengadopsi variabel dalam RBBR, Tim Peneliti Warta Ekonomi juga menambahkan vartabel lain, yakni kinerja intermediasi. Pada riset Indonesia Best BPD Awards 2021 ini, penode penelitian meliputi kinerja BPD di seluruh Indonesia pada tahun 2020-2021.

 

Pengukuran tingkat kesehatan bank menggunakan variabel yang terdiri dari lima aspek, yakni:

 

  1. Profil Risiko (Risk-Profile) Aspek ini dimilai berdasarkan faktor risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko operasional, risiko hukum, resiko stratejik, risiko kepatuhan, dan risiko reputasi. Indikatornya ialah Peringkat Profil Risiko Bank.
  2. Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) Aspek ini dnilai berdasarkan faktor transparansi, akuntabilitas, dan kewajaran. Indikatornya adalah Peringkat GCG Bank.
  3. Rentablilitas (Earninge). Aspek ini dinilai berdasarkan tiga faktor diantaranya a) Kinerja bank dalam menghasilkan laba yang diukur dengan indikator Return on Assets (ROA), Net Interest Margin, dan pertumbuhan laba bersih. b). Susmber-sumber yang mendukung tentabilitas yang diukur dengan indikator rasio pendapatan bunga bersih terhadap total aset dan rasio pendapatan operasional selain pendapatan bunga terhadap total aset serta, c). Stabilitas (keberlanjutan) komponen pendukung rentabilitas yang dikukur dengan rasio primery cote net income terhadap total aset. Primery cote net income dihitung berdasarkan pendapatan bunga bersih dan komisi dikurangi biaya operasional lain selain bunga.
  4. Permodalan, aspek ini dinilai berdasarkan kecukupan modal bank yang diukur dengan Indicator Capital Adequacy Ratio (CAR).
  5. Kinerja intermediasi, aspek ini dinilai berdasarkan dua indikator, yakni pertumbuhan kredit dan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK).

Metode yang digunakan dalam riset Warta Ekonomi Indonesia Best BPD Awards 2021 adalah metode desk research dengan menggunakan laporan tahunan tunnual report) tahun 2020 dan laporan keuangan 2020-2021 yang dipublikasi masing-masing bank. Data-data yany ada di dalam laporan tahunan dan laporan keuangan tersebut kemudian diolah oleh Tim Peneliti Warta Ekonomi, kemudian indikator-indikator tersebut dikumpulkan dan diberi skor serta bobot nilai.

 

 

 

 

Beranda Berita Hari Ini NTT

Berita Hari Ini NTTEksbisNusantaraPemerintah Propinsi NTT

Kinerja Keuangan Sangat Bagus, Bank NTT Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di Best BPD Award 2021

Penulis Laurensius Leba Tukan -November 24, 202177

 

 

Dari Kiri: CEO dan Chief Editor WartaEkonomi.co.id, Muhammad Ihsan, Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad dan Kasubdiv Humas Bank NTT Treacy Diane yang mewakili Dirut Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho dalam acara Penganugerhan Indonesia BEST BPD AWARDS 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (24/11/2021). Foto: Tangkapan Layar YouTobe/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Rupanya, kerja keras dan loyalitas yang didedikasihkan jajaran manajemen Bank NTT mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Tidak tanggung-tanggung, dua pengahargaan bergengsi sekaligus dari WartaEkonomi.co.id Research and Consulting disabet oleh Bank NTT.

 

Kedua penghargaan tersebut adalah Very Good Financial Performance of Indonesia Best BPD Awards 2021, atau Bank dengan kinerja keuangan sangat bagus dibandingkan dengan BPD lainnya se Indonesia untuk Kategori Buku Dua. Juga Penghargaan Improving Community Engagement on the Utilization of Banking Services atau Bank yang mampu Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat dalam Pemanfaatan Layanan Perbankan.

 

 

 

Dua penghargaan bergengsi itu diberikan oleh CEO dan Chief Editor WartaEkonomi.co.id, Muhammad Ihsan kepada Bank NTT yang diterima oleh Dirut Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho melalui Treacy Diane selaku Kasubdiv Humas Bank NTT dalam acara Indonesia BEST BPD AWARDS 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (24/11/2021).

 

Muhammad Ihsan mengatakan, gelar dan pengahargaan yang diberika ke Bank NTT berupa Very Good Financial Performance of Indonesia Best BPD Awards 2021, itu setelah pihak ya pertamayg diaraih itu kami mencatata antara lain pertumbuhan aset dari 15,56 persen dari 14, 7 Triliu pada Desember 2020 menjadi 17,1 Triliun pada September 2021. Total Laba Komeprehensif Tahun Berjalan tumbuh menjadi 48,5 persen dari 142,5 Miliar pada quartal 3 tahun 2020 menjdi 211,8 Miliar pada quartal 3 tahun 2021.

 

 

 

“Sedangkan penghargaan kedua Improving Community Engagement on the Utilization of Banking Services kami mencatata Bank NTT melakukan kerja sama dengan Pemda Sumba Barat tentang pemanfaataan jasa keuangan Bank NTT, Kerja Sama degan Politeknik Pertanian Kupang tentang kobrending kartu ATM Bank NTT, juga Kerja Sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) tentang layanan keuangan dan juga Keraja Sama dengan BPD REI NTT tentang KPR, itu yang kami catat, mungkin yang lain juga masih ada,” sebut Muhammad Ihsan.

 

Kasubdiv Humas Bank NTT, Treacy Diane usai menerima dua penghargaan tersebut menyampaikan terimaksih kepada WartaEkonomi.co.id yang telah memberikan dua penghargaan sekaligus kepada Bank NTT. Ia berharap, dengan prestasi yang digapai berupa dua penghargaan tersebut, Bank NTT dapat meningkatkan kinerja dan performanya di tahun 2021 dan tahun-tahuh mendatang sesuai impian dan harapan semua pihak.

 

 

 

“Penghargaan ini akan membuat Bank NTT selalu berusaha maksimal menjadi bank terbaik dan terpercaya. Terima kasih juga untuk semua stakeholder dan nasabah yang terus mensuport Bank NTT,” ujarnya.

 

Momentum penganugerahan itu diberikan kepada 10 BPD termasuk Bank NTT yang meraih penghargaan Indonesia Best BPD Awards 2021 dengan kriteria dan penilaiannya masing-masing.

 

 

 

Turut hadir dalam penganugerahan tersebut Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad, Direktur Eksekutif Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Wimram Ismaum, CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, serta perwakilan BPD di seluruh Indonesia.

 

Para BPD se Indonesia yang menerima penghargaan tersebut diantaranya BPD Jatim, BPD Jateng, BPD Bali, BPD Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, BPD Kalimantan Barat, BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, BPD Jambi, BPD Sumatera Utara, serta BPD Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

 

Metode Penelitian Best BPD Awards 2021

 

 

 

Untuk diketahui, pendekatan penilaian tingkat kesehatan bank dilakukan dengan pendekatan Risk-Based Bank Rating (RBBR) yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.4/POJK.03/2016 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Selain mengadopsi variabel dalam RBBR, Tim Peneliti Warta Ekonomi juga menambahkan vartabel lain, yakni kinerja intermediasi. Pada riset Indonesia Best BPD Awards 2021 ini, penode penelitian meliputi kinerja BPD di seluruh Indonesia pada tahun 2020-2021.

 

Pengukuran tingkat kesehatan bank menggunakan variabel yang terdiri dari lima aspek, yakni:

 

Profil Risiko (Risk-Profile) Aspek ini dimilai berdasarkan faktor risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko operasional, risiko hukum, resiko stratejik, risiko kepatuhan, dan risiko reputasi. Indikatornya ialah Peringkat Profil Risiko Bank.

 

Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) Aspek ini dnilai berdasarkan faktor transparansi, akuntabilitas, dan kewajaran. Indikatornya adalah Peringkat GCG Bank.

 

3. Rentablilitas (Earninge). Aspek ini dinilai berdasarkan tiga faktor diantaranya a) Kinerja bank dalam menghasilkan laba yang diukur dengan indikator Return on Assets (ROA), Net Interest Margin, dan pertumbuhan laba bersih. b). Susmber-sumber yang mendukung tentabilitas yang diukur dengan indikator rasio pendapatan bunga bersih terhadap total aset dan rasio pendapatan operasional selain pendapatan bunga terhadap total aset serta, c). Stabilitas (keberlanjutan) komponen pendukung rentabilitas yang dikukur dengan rasio primery cote net income terhadap total aset. Primery cote net income dihitung berdasarkan pendapatan bunga bersih dan komisi dikurangi biaya operasional lain selain bunga.

 

4). Permodalan, aspek ini dinilai berdasarkan kecukupan modal bank yang diukur dengan Indicator Capital Adequacy Ratio (CAR).

 

5). Kinerja intermediasi, aspek ini dinilai berdasarkan dua indikator, yakni pertumbuhan kredit dan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK).

 

Metode yang digunakan dalam riset Warta Ekonomi Indonesia Best BPD Awards 2021 adalah metode desk research dengan menggunakan laporan tahunan tunnual report) tahun 2020 dan laporan keuangan 2020-2021 yang dipublikasi masing-masing bank. Data-data yany ada di dalam laporan tahunan dan laporan keuangan tersebut kemudian diolah oleh Tim Peneliti Warta Ekonomi, kemudian indikator-indikator tersebut dikumpulkan dan diberi skor serta bobot nilai.

 

Secara umum, bobot masing-masing indikator ialah profil risiko sebesar 25% GCG sebesar 20%, rentabilitas sebesar 30%, permodalan sebesar 15%, dan kinerja intermediasi sebesar 10%. Selain menilal financial performance, tim peneliti Warta Ekonomi juga memberikan penilaian terhadap inovasi produk dan jasa, sinergi dan integrasi bisnis, dan peran BPD di dalam memajukan program pemerintah. Metode yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan media monitoring lanjutan untuk mengetahui inovasi yang menjadi keunggulan BPD berdasarkan pemberitaan positif dari beberapa media mainstream di Indonesia.

 

 

 

 

The post Kinerja Keuangan Sangat Bagus, Bank NTT Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di Best BPD Award 2021 appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12266/kinerja-keuangan-sangat-bagus-bank-ntt-sabet-dua-penghargaan-bergengsi-di-best-bpd-award-2021/feed/ 0
Wali Kota Terima Kunjungan Tim Literasi Digital Kominfo https://berita-tiga.com/berita/12259/wali-kota-terima-kunjungan-tim-literasi-digital-kominfo/ https://berita-tiga.com/berita/12259/wali-kota-terima-kunjungan-tim-literasi-digital-kominfo/#respond Thu, 25 Nov 2021 04:08:14 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12259   Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson Riwu Kore, MM, MH menerima kunjungan Tim Literasi Digital

The post Wali Kota Terima Kunjungan Tim Literasi Digital Kominfo appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
 

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson Riwu Kore, MM, MH menerima kunjungan Tim Literasi Digital Kementerian Kominfo yang akan menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) di Kota Kupang. Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Wali Kota Kupang, Senin (22/11). Turut mendampingi Wali Kota pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kupang, Ariantje Baun, SE, M.Si, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kupang, Wildrian R. Otta, S.STP, MM serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Ernest S.Ludji, S.STP, M.Si.

Perwakilan Tim Literasi Digital Kominfo, Mahendra Pratama dalam pertemuan tersebut menjelaskan sepanjang tahun 2021 Kementerian Kominfo tengah menjalankan program nasional literasi digital sebagai salah satu upaya untuk mempercepat terwujudnya transformasi digital. Melalui berbagai kegiatan literasi digital tersebut, Kementerian Kominfo berkolaborasi dan bekerja sama dengan mitra/jejaring gerakan nasional literasi digital siberkreasi secara masif dan meluas di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Tujuan kegiatan ini menurutnya adalah untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat di dunia digital.

 

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan tersebut, dipenghujung tahun 2021 ini tepatnya pada 23-24 November mendatang akan dilaksanakan puncak acara literasi digital yaitu Netizen Fair 2021 yang akan dilakukan secara serentak dan hybrid di berbagai kota. Target peserta kegiatan tersebut sejumlah 500 orang yang hadir secara offline dan 1000 orang secara online setiap hari. Peserta kegiatan berasal dari masyarakat umum, pelaku UMKM, ASN, tenaga pendidik, pelajar, mahasiswa, pemandu wisata dan budaya serta komunitas.

 

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson Riwu Kore, MM, MH menyambut baik kegiatan Literasi Digital Netizen Fair yang diselenggarakan Kementerian Kominfo tersebut. Diakuinya masyarakat terutama kaum muda perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya terkait budaya digital. Untuk itu menurutnya perlu promosi yang gencar tentang kegiatan ini lewat konten-konten menarik agar semakin banyak pihak yang terlibat. Wali Kota berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses seperti yang direncanakan. *PKP_ans

The post Wali Kota Terima Kunjungan Tim Literasi Digital Kominfo appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12259/wali-kota-terima-kunjungan-tim-literasi-digital-kominfo/feed/ 0
DIKLAT KUSUS PROFESI ADVOKAT KAI NTT 2021 MENUJU ADVOKAT PROFESIONAL https://berita-tiga.com/berita/12255/diklat-kusus-profesi-advokat-kai-ntt-2021-menuju-advokat-profesional/ https://berita-tiga.com/berita/12255/diklat-kusus-profesi-advokat-kai-ntt-2021-menuju-advokat-profesional/#respond Thu, 25 Nov 2021 04:02:06 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12255 Kupang-NTT, 25November, 2021 Berita-tiga.Com   Kongres Advokat Indonesia (KAI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menghelat

The post DIKLAT KUSUS PROFESI ADVOKAT KAI NTT 2021 MENUJU ADVOKAT PROFESIONAL appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
Kupang-NTT, 25November, 2021

Berita-tiga.Com

 

Kongres Advokat Indonesia (KAI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menghelat diklat khusus profesi advokat (DKPA) kerja sama DPD KAI NTT dengan Fakultas Hukum Undana Kupang seminggu pada 22—27 November 2021. Diklat ini diikuti oleh 48 calon advokat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

 

Dikutip dari bahasan.id, dalam ranah hukum Indonesia, terdapat empat pilar yang menjadi penyangga utama dalam penegakan hukum yang berkeadilan. Empat pilar ini terdiri dari unsur penyidik (kepolisian), penuntut (kejaksaan), hakim (pengadilan) dan advokat (penasihat hukum). Keempat pilar ini memiliki kedudukan yang sama dan tidak ada satu yang lebih tinggi dari yang lainnya. Jika salah satu pilar patah, maka dapat dipastikan hukum tidak akan bisa berdiri tegak.

 

Maka, sehubungan dengan terselenggaranya suatu peradilan yang jujur, adil, dan memiliki kepastian hukum, maka diperlukan peran profesi advokat yang bebas, mandiri, dan bertanggungjawab. Kemandirian advokat bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan sistem peradilan yang bebas dari intervensi kekuasaan maupun politik dalam hal penegakan hukum, dan dengan kemandirian.

 

Suasana Diklat Khusus Profesi Advokat KAI Provinsi NTT

 

Sekretaris Jenderal KAI, Apolos Djara Bonga, S.H. saat menyampaikan sambutan menekankan, semua peserta harus mengikuti diklat secara sabar dan sadar agar dapat melakukan hal-hal mitigasi dan dapat menjadi advokat yang officium nobile .

 

“Tak ada advokat dari organisasi KAI Nusa Tenggara Timur yang ditangkap karena menyuap polisi termasuk di Indonesia. Kondisi ini tak terlepas dari proses mulai dari rekrutmen, pengawasan, dan diklat,” ungkap advokat yang telah menjadi sekjen KAI.

 

Terkait officium nobile yang digunakan oleh advokat, Apolos Djara Bonga asal Pulau Sabu ini mengurai roh advokat bekerja yang membedakan dengan profesi penegak hukum polisi dan hakim. “Dari sejak lahirnya advokat sejak zaman Romawi dikenal spirit officium nobile sebagai kemurahan hati menolong orang tertindas. Spirit itu yang membawa advokat untuk membantu masyarakat pencari keadilan,” tegasnya sembari berharap seluruh advokat KAI dapat menjadi advokat sejati yang berpedoman pada officium nobile.

 

Ketua DPD KAI Provinsi NTT, Fredrik Djaha,S.H., M.Hum. saat menyampaikan sambutan mengajak semua peserta untuk serius menekuni pendidikan dan pelatihan (diklat) karena bakal dibekali dengan materi menjadi seorang advokat profesional.

 

“Kegiatan diklat khusus profesi advokat merupakan sebuah tantangan di tengah pandemi dan harus berjalan. Walaupun banyak tantangan, namun dapat dilaksanakan. Mudah-mudah saudara-saudara yang hari ini mengikuti diklat khusus terpanggil menjadi hakim,” ujarnya.

 

The post DIKLAT KUSUS PROFESI ADVOKAT KAI NTT 2021 MENUJU ADVOKAT PROFESIONAL appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12255/diklat-kusus-profesi-advokat-kai-ntt-2021-menuju-advokat-profesional/feed/ 0
Selamat!!! https://berita-tiga.com/berita/12246/selamat/ https://berita-tiga.com/berita/12246/selamat/#respond Sat, 20 Nov 2021 11:39:47 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12246 The post Selamat!!! appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
The post Selamat!!! appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12246/selamat/feed/ 0
Rehab RSUD Naibonat dan Bangun RSUP Amfoang, Melki Laka Lena Tunggu Proposal Bupati https://berita-tiga.com/berita/12242/rehab-rsud-naibonat-dan-bangun-rsup-amfoang-melki-laka-lena-tunggu-proposal-bupati/ https://berita-tiga.com/berita/12242/rehab-rsud-naibonat-dan-bangun-rsup-amfoang-melki-laka-lena-tunggu-proposal-bupati/#respond Wed, 17 Nov 2021 16:24:01 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12242 Oelamasi,14, November, 2021  Berita-tiga.Com   – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka

The post Rehab RSUD Naibonat dan Bangun RSUP Amfoang, Melki Laka Lena Tunggu Proposal Bupati appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
Oelamasi,14, November, 2021

 Berita-tiga.Com

 

– Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena yang akrab disapa Melki Laka Lena, bersama mitra kerja Kementerian Kesehatan mendampingi dan memfasilitasi warga Lelogama mendapatkan Vaksin Covid-19. Kegiatan vaksinasi diselenggarakan di Puskesmas Lelogama, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, Sabtu,(13/11)

 

Dalam kesempatan itu juga Melki Laka Lena mengatakan, “Saya sudah melihat RSUD Naibonat beberapa waktu lalu dengan kondisinya seperti itu, saya akan membantu merehab rumah sakit kabupaten Kupang tapi saya butuh Proposal dari Pemda Kabupaten Kupang karena memang ada anggaran,” ungkapnya

 

“Kami telah telah lama menunggu proposal datang dari Bupati Kupang agar bisa dibantu membangun Rumah Sakit Umum Pratama di Kabupaten Kupang, lebih lanjut dikatakannya kalau proposal ada di tahun besok, mudah- mudahan tahun 2023 sudah bisa di bangun Rumah Sakit Umum Pratama di wilayah Amfoang. Untuk itu, lokasi dan tempat saya Kembali ke Ke Pemda Kabupaten Kupang, untuk menentukannya,” ujar Melki Laka Lena seperti dilansir dari papilonnews.com

 

Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Kupang, Octo La’a yang turut mendampingi Melki Laka Lena dalam kunjungan ini, menyatakan, “bangga atas kehadiran Melki Laka Lena di wilayah Amfoang, kami berterimakasih kepada Pak Melki yang memberikan kado istimewa bagi masyarakat amfoang, akan dibangunnya RSU Pratama.

 

Octo juga menegaskan, “tentu saya akan intens berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Kupang, untuk segera mungkin menyiapkan seluruh data pendukung yang dibutuhkan agar kerinduan masyarakat Amfoang terwujud,”

 

Kegiatan vaksinasi berlangsung di Amfoang selatan dihadiri, Bupati Kupang, Korinus Masneno, dan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe, Kabid P2P Dinkes Kab Kupang, dr. Kudji Lita Riwu Kaho, Camat Amfoang Selatan, Yared Tamoes, Kapolsek Amfoang Selatan, Made Kumara, Kepala Puskesmas Lelogama, Abdul Kadir serta sejumlah tokoh masyarakat Amfoang Selatan. **

 

The post Rehab RSUD Naibonat dan Bangun RSUP Amfoang, Melki Laka Lena Tunggu Proposal Bupati appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12242/rehab-rsud-naibonat-dan-bangun-rsup-amfoang-melki-laka-lena-tunggu-proposal-bupati/feed/ 0
Wagub NTT: Kalian Telah Menorehkan Sejarah bagi NTT di Kancah Nasional https://berita-tiga.com/berita/12236/wagub-ntt-kalian-telah-menorehkan-sejarah-bagi-ntt-di-kancah-nasional/ https://berita-tiga.com/berita/12236/wagub-ntt-kalian-telah-menorehkan-sejarah-bagi-ntt-di-kancah-nasional/#respond Wed, 17 Nov 2021 16:21:46 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12236 Beranda NTT   Kupang, 18, November, 2021 Berita-tiga.Com,   “Saya harus mengatakan kalian luar Biasa.

The post Wagub NTT: Kalian Telah Menorehkan Sejarah bagi NTT di Kancah Nasional appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
Beranda NTT

 

Kupang, 18, November, 2021

Berita-tiga.Com,

 

“Saya harus mengatakan kalian luar Biasa. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, walaupun dalam keterbatasan apapun kita, kita bisa meraih prestasi yang luar biasa. Kita bersyukur untuk hal tersebut. Kalian sudah menggoreskan dengan tinta emas nama Provinsi NTT ditingkat Nasional dengan mencapai peringkat 16 besar di ajang Pekan Paralimpic Nasional XVI Papua 2021 Jayapura Papua”.

 

Demikian dikatakan Wakil Gubernur NTT Drs. Josef A. Nae Soi MM pada saat menyambut TIM Pekan Paralimpic Nasional (PEPARNAS) XVI Papua 2021 Provinsi NTT di Ruang VIP Pemda Bandara Internasional EL Tari Kupang, Selasa (16/11/2021).

 

 

“Walau kita hanya mengikuti 1 cabang atletik, tapi kita mampu meraih 5 Emas, 13 Perak dan 12 Perunggu jadi total semua 30 medali yang kita peroleh, itu sangat membanggakan,” lanjut Wagub Nae Soi.

 

“Hari Kamis atau hari jumat siang kami akan menerima kalian secara resmi, tapi nanti kita akan liat kembali waktu yang tepat dari pak Gubernur, dan pada saat itu beliau akan melepaskan kalian secara resmi ke keluarga masing-masing, Kalau waktu itu kami melepas kalian ke Papua maka nanti hari kamis atau jumat, kami akan melepas kalian kembali ke keluarga masing-masing”, jelas Wagub JNS.

 

Menutup sambutan, Wagub Nae Soi juga menyampaikan proficiat dan terima kasih kepada Semua Tim Paralimpik Nasional Provinsi NTT Baik kepada Atlit, Pelatih maupun Official serta Ibu Kadispora NTT serta jajarannya yang telah berjerih lelah hingga mencapai hasil yang sangat membanggakan tersebut.

 

“Usaha terus dan berlatih yang lebih maksimal lagi supaya tahun 2024 kita juga bisa ikut Peparnas di Medan dan Aceh lagi serta dapat meraih prestasi yang membangggakan”, tutup Wagub Nae Soi.

 

Untuk diketahui berikut rincian Perolehan Medali Kontingen NTT pada Peparnas XVI Jayapura Papua, yang diselenggarakan dari tanggal 5 – 15 November 2021 :

 

5 Emas :

 

1. Leksi Kasse : Lari 5000 m Putra

 

2. Alfin Nomleni : Lari 800 m Putra

 

3. Mami Natonis : Lari 800 m Putri

 

4. Alfin Nomleni, Aristo Sakan, Endi Misa, Mateos Selan : Lari Estafet 400m Putra

 

5. Wilfrit F.P. Wene : Tolak Peluru Putra

 

13 Perak :

 

1. Marselina B. Fallo : Lari 200m Putri

 

2. Marselina B. Fallo : Lari 400m Putri

 

3. Marselina B. Fallo : Lompat Jauh Putri

 

4. Juna Tamonob : Lari 800m Putra

 

5. Petrus K. Alupan : Lari 400m Putra

 

6. Petrus K. Alupan : Lari 200m Putra

 

7. Mami Natonis : Lari 1500m Putri

 

8. Yermias Babis : Lari 800m Putra

 

9. Stefani Riti : Lari 800m Putri

 

10. Yosefina N. Abi : Lari 400m Putri

 

11. Alfin Nomleni : Lari 400m Putra

 

12. Esron Tamonobb: Lari 1500m Putra

 

13. Stevany E. Maimany : Lari 200m Putri

 

12 Perunggu :

 

1. Lexi Kase : Lari 1500m Putra

 

2. Lexi Kase : Lari 800m Putra

 

3. Yosefina N. Abi : Lari 800m Putri

 

4. Esron Tamonob : Lari 1500m Putra

 

5. Stefani Ritti : Lari 1500m Putri

 

6. Petrus K. Alupan : Lari 100m Putra

 

7. Yunita Dimu Rehe : Lari 200m Putri

 

8. Yunita Dimu Rehe : Lari 100m Putri

 

9. Yermias Babis : Lari 400m Putra

 

10. Cristoforus C. Renggob : Tolak Peluru Putra

 

11. Cristoforus C. Renggo : Lempar Cakram Putra

 

12. Anggraini Kalelena : Lempar Lembing Putri

 

Turut hadir Mendampingi Wagub NTT, Drs. Josef A.Nae Soi dalam acara Penyambutan Tim Peparnas XVI 2021 NTT, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dra. Hildegardis Bria Seran beserta jajaran.

 

Pada kesempatan yang sama, Wagub NTT, Drs. Josef A. Nae Soi yang didampingi oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Setda Provinsi NTT, Henderina S. Laiskodat, SP. M.Si juga menerima secara resmi Rombongan BKN RI yang dipimpin oleh Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS (Kepala BKN Pusat) beserta anggota, Suharmen S. Kom, M.Si (Deputi Sinka BKN), Imas Sukmariah. S.Sos, M. AP (Sestama BKN), Satya Pratama, S.Sos, Msc (Karo Humas BKN), Muhammad Ridwan (kepala PPSS), Heri Susilowati, MM (Karo Perencanaan BKN) dan Andi Anto, S.Sos (Inspektur BKN). **

Sumber , Humas Prop NTT **

The post Wagub NTT: Kalian Telah Menorehkan Sejarah bagi NTT di Kancah Nasional appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12236/wagub-ntt-kalian-telah-menorehkan-sejarah-bagi-ntt-di-kancah-nasional/feed/ 0
WALI KOTA KUPANG DUKUNG KOPERASI PUSTIM KELOLA SAMPAH DI TPA ALAK https://berita-tiga.com/berita/12232/wali-kota-kupang-dukung-koperasi-pustim-kelola-sampah-di-tpa-alak/ https://berita-tiga.com/berita/12232/wali-kota-kupang-dukung-koperasi-pustim-kelola-sampah-di-tpa-alak/#respond Wed, 17 Nov 2021 16:19:09 +0000 https://berita-tiga.com/?p=12232 KOTA KUPANG, 17, November, 2021 Berita-tiga.Com   Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,

The post WALI KOTA KUPANG DUKUNG KOPERASI PUSTIM KELOLA SAMPAH DI TPA ALAK appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
KOTA KUPANG, 17, November, 2021

Berita-tiga.Com

 

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, mendukung rencana Koperasi Produsen Organik Pustim NTT untuk mengelola sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) milik Pemerintah Kota Kupang di Kelurahan Alak. Dukungan tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan Ketua Koperasi Produsen Organik Pustim NTT, Vincensius Repu, SE, M.Agr bersama para pengurus Koperasi Produsen Organik Pustim di Hotel Maya, Senin (15/11/2021).

 

Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Pengawas Koperasi Pustim, Drs. Jhon Dekresano, MA, Wakil Ketua Pustim, Stanislaus Stanis, M.Si dan Sekretaris Pengawas  Pustim, Marselina Ully Riwu, SE. Turut mendampingi Wali Kota dalam pertemuan tersebut, Kepala Bagian Prokompim Setda Kota Kupang Ernest S. Ludji, S.STP, M.Si dan Kepala Sub Bagian  Dokumentasi  Prokompim Setda Kota Kupang Hubertus Mani, SH.

 

Menurutnya tidak banyak orang yang mau mengolah sampah menjadi produk pupuk organik dan sumber pendapatan mereka. Untuk itu Wali Kota mendukung dan mengapresiasi Koperasi Produsen Organik Pustim NTT yang berencana akan mengolah sampah Alak. “kegiatan ini sekaligus juga membantu Pemerintah Kota Kupang mereduksi sampah-sampah tersebut menjadi produk yang berguna dan memberikan nilai tambah bagi koperasi itu sendiri dan masyarakat tentunya,” ujar Wali Kota yang biasa disapa Jeriko itu Kota dalam pertemuan tersebut, Kepala Bagian Prokompim Setda Kota Kupang Ernest S. Ludji, S.STP, M.Si dan Kepala Sub Bagian  Dokumentasi  Prokompim Setda Kota Kupang Hubertus Mani, SH.

 

Menurutnya tidak banyak orang yang mau mengolah sampah menjadi produk pupuk organik dan sumber pendapatan mereka. Untuk itu Wali Kota mendukung dan mengapresiasi Koperasi Produsen Organik Pustim NTT yang berencana akan mengolah sampah Alak. “kegiatan ini sekaligus juga membantu Pemerintah Kota Kupang mereduksi sampah-sampah tersebut menjadi produk yang berguna dan memberikan nilai tambah bagi koperasi itu sendiri dan masyarakat tentunya,” ujar Wali Kota yang biasa disapa Jeriko itu.

 

Ditambahkannya pemerintah mengizinkan setiap upaya masyarakat yang sejalan dengan program pemerintah, dalam rangka membangun kota ini. Oleh karena itu, Pemkot Kupang menyerahkan kepada pihak pengurus Koperasi Produsen Organik Pustim NTT untuk mengurus hal-hal yang bersifat teknis dan melakukan koordinasi dengan dinas terkait.  “Silakan beraktivitas di TPA Alak, yang paling penting adalah lokasi tersebut bisa ditata dengan baik. Kalau bisa dibuat satu model percontohan dengan menggunakan produk yang dihasilkan dari pengelolaan sampah itu”, pungkasnya.

 

Ketua Koperasi Produsen Organik Pustim, Vincensius Repu, SE, MAgr dalam kesempatan tersebut menjelaskan tujuan pertemuan tersebut selain meminta ijin untuk mulai beraktivitas dan menggunakan sampah di TPA alak sebagai bahan yang akan diolah untuk menjadi pupuk organik, mereka juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH  atas dukungan yang luar biasa terhadap upaya Koperasi Pustim NTT tersebut. Menurutnya dukungan ini tentu sesuai dengan harapan Koperasi Pustim NTT sebagai produsen pupuk organik, dengan memanfaatkan sampah di TPA Alak sebagai bahan utamanya. Dia berharap kehadiran mereka bisa memberi kontribusi positif bagi Kota Kupang.

 

Dosen Ekonomi di salah satu universitas  swasta di Kota Kupang itu menambahkan, koperasi produsen organik ini lahir dari inisiatif masyarakat pegiat koperasi kredit Kota Kupang yang jumlahnya sekitar 24 koperasi. Koperasi-koperasi kredit ini merasa bahwa  koperasi seharusnya tidak hanya mengurus keuangan, namun juga bisa merambah pada sektor-sektor riil. Karena itu mereka coba melihat sumber-sumber pengembangan yang lain dan salah satu bidang yang dipilih adalah kegiatan sebagai produsen pupuk organik, dengan cara mengolah sampah TPA Alak menjadi pupuk organik. “Sampah sebenarnya adalah material yang mudah didapatkan, tidak banyak orang tertarik mengolah sampah yang memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan. Sampah selalu “dijauhkan” dari  kehidupan manusia padahal sebenarnya sampah dapat menjadi ’emas’ namun terabaikan,” ungkapnya.

 

Menurut Vinsen sebenarnya kegiatan ini sudah pernah dilakukan tapi kemudian berhenti sekitar 10 tahun yang lalu. Untuk itu Koperasi Pustim NTT lewat produksi pupuk organik ingin membangkitkan kembali kegiatan tersebut dengan membangun sebuah sistem kerja sama yang saling mendukung dengan masyarakat khususnya pemulung. Dengan demikian koperasi dapat berjalan dan lebih dari itu masyarakat akan mendapatkan benefit secara ekonomi dengan beroperasinya produksi tersebut. Secara bertahap koperasi produsen pupuk organik tersebut akan mengajak para pegawai serta pemulung menjadi anggota koperasi, dengan berbagai kesepakatan bersama terkait dengan berapa harga sampah yang disalurkan pemulung ke koperasi dan berapa nilai yang akan disetor menjadi simpanan mereka sebagai anggota. **

 

The post WALI KOTA KUPANG DUKUNG KOPERASI PUSTIM KELOLA SAMPAH DI TPA ALAK appeared first on Berita Terkini Hari Ini.

]]>
https://berita-tiga.com/berita/12232/wali-kota-kupang-dukung-koperasi-pustim-kelola-sampah-di-tpa-alak/feed/ 0